Judul
: User Interface pada Game Komputer
(Tugas 6)
Nama
: Nur Rohimah
Kelas
: 3IA21
NPM : 58414184
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
NPM : 58414184
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
Antarmuka (Interface)
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka
(Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan
informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran
masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface) berfungsi
untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES),
menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara
berurutan sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap
suatu sistem.
Desain user interface
dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan
fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player.
Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan
sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.
Dalam desain user
interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakan oleh Erik Fagerholt dan
Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka
menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD - User
Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games.Mereka memperkenalkan
istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.
HUD itu sendiri
kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara
visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna
permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana
Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk
memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
Dalam desain antarmuka
game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :
1. Diagetic: Desain
antarmuka yang termasuk dalam permainan game yaitu yang dapat dilihat dan
didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka
diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic
seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll Contoh: Interface
dalam game Dead Space, pada game Assassin’s Creed
2. Non-diegetic:
Desain Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu
sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga
seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya. Mass Effect 3
menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata
karakter dipilih dan kekuasaan - antara lain.
3. Spatial:
Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa
suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau
non-diegetik). Outline karakter dalam Left 4 Dead adalah contoh dari
non-diegetik User Interface spatial.
4. Meta:
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan
spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar,
seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Duty
Calls- The Calm Before the Storm
penggunaan icon pada
game juga mempengaruhi kenyamanan pemain dalam memilih perintah-perintah pada
game. Desain icons dalam user Interface dibedakan menjadi dua jenis yaitu
picons dan micons.
sumber : http://regayudhafitransyah.blogspot.co.id/2017/04/user-interface-pada-game.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar