Judul
: Interaksi Fisik dalam Teknologi Game (Tugas 5)
Nama
: Nur Rohimah
Kelas
: 3IA21
NPM : 58414184
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
NPM : 58414184
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski
1. Interaksi
Fisik dalam Teknologi Game
Berbicara dengan Game, maka
yang terlintas dipikiran kita adalah sebuah permainan, baik dalam bentuk
tradisional maupun modern, di zaman serba modern ini kini kita bisa memainkan
game dengan berbagai macam perangkat, mulai dari Mobile Device, Computer, dan
teknologi lainnya.bahkan jika kita sudah asik terhadap satu aktivitas terkadang
sangat sulit untuk meninggalkan aktivitas tersebut karena kita sudah menjadi
candu terhadap aktivitas tersebut, tentunya efek candu tersebut berdampak pada
interaksi fisik yang akan kita rasakan, mulai dari efek fisik positif dan
negatif.
- Efek Positif
Setiap game memiliki tingkat
kesulitan/Level yang berbeda. Umumnya permainan ini dilengkapi pernak-pernik
senjata, amunisi, karakter dan peta permainan yang berbeda. Untuk menyelesaikan
level atau mengalahkan musuh secara efisien diperlukan strategi. Permainan game
online akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan dengan cepat,
efisien dan menghasilkan lebih banyak poin.
Meningkatkan konsentrasi. Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena
mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa
dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka
semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi.
Meningkatkan koordinasi
tangan dan mata. Penelitian yang dilakukan di
Manchester University dan Central Lanchashire University menyatakan bahwa orang
yang bermain game 18 jam seminggu atau sekita dua setengah jam perhari dapat
meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan meningkatkan kemampuan membaca.
Psikolog dari Finland Univesity menyatakan bahwa game meningkatkan kemampuan
membaca pada anak-anak. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa jenis permainan ini
menurunkan tingkat minat baca anak sangat tidak beralasan.
Meningkatkan kemampuan
berbahasa inggris. Sebuah studi menemukan bahwa
gamers mempunyai skil berbahasa inggris yang lebih baik meskipun tidak
mengambil kursus pada masa sekolah maupun kuliah. Ini karena banyak alur cerita
yang diceritakan dalam bahasa inggris dan kadang kala mereka chat dengan pemain
lain dari berbagai negara.
Meningkatkan pengetahuan
tentang komputer. untuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan kualitas
gambar yang prima seorang peman game online akan berusaha mencari informasi
tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk
memainkan game tersebut. Karena pengguna komputer aktif biasanya mereka juga
akan belajar troubleshooting komputer dan overclocking.
Meningkatkan kemampuan skill
mengetik. Kemampuan mengetik sudah pasti meningkat karena
mereka menggunakan keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan.
- Efek Negatif
Kecanduan. Seperti yang disebutkan pada awal tulisan ini, kebahagiaan dan
kesenangan yang dirasakan para gamer pada saat memainkan game, akan membuat
orang tersebut ‘merindukan’ suasana hati yang mereka rasakan selama bermain
game, sehingga mereka akan cenderung kembali bermain dan bermain lagi untuk
mencari sensasi yang mereka rasakan tersebut. Untuk mencegah hal ini, adalah
dengan membatasi waktu bermain game. Misalnya, 2 atau 3x dalam satu minggu
dengan jangka waktu 1-2 jam.
Membatasi Hubungan Sosial. Pada dampak positif bermain game telah dijelaskan bahwa bermain
game dapat meningkatkan hubungan sosial secara online dengan para gamer
diseluruh dunia. Sebaliknya dalam hal ini justru akan membatasi hubungan sosial
di kehidupan nyata mereka. Banyak sekali para pecandu game memiliki sedikit
waktu untuk membina hubungan sosial di kehidupan nyata mereka sehingga
kemampuan berkomunikasi dan interaksi secara fisik dan oral menjadi tidak
terasah.
Mengganggu Kesehatan. Memang benar aktivitas dan gerakan fisik dapat menyehatkan tubuh.
Akan tetapi dengan bermain game yang terlalu intensif dapat mengganggu
kesehatan mata, karena bagaimana pun juga permainan video game memerlukan
kontak langsung antara mata dan layar monitor / TV yang dapat menyebabkan
kerusakan pada mata atau menurunnya daya lihat untuk efek kedepannya.
2. Collusion
Detection
Deteksi
Tubrukan (Collision Detection)
Algoritma untuk mendeteksi
collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game. Flash mulai versi 5
ke atas menyediakan method yang bernama hitTest untuk memeriksa apakah sebuah
movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. Sebelum method hitTest ini
tersedia, seorang programmer Flash harus mendeteksi secara manual koordinat
sebuah movie clip, apakah movie clip ini bertabrakan dengan movie clip lain.
Cara ini sangat merepotkan karena harus mempertimbangkan pula ukuran movie
clipnya.
Algoritma collision detection adalah proses pengecekan apakah
beberapa buah objek spasial saling bertumpuk atau tidak. Jika ternyata ada
paling sedikit dua buah objek yang bertumpuk, maka kedua objek tersebut
dikatakan saling bertumpukkan. Pada ruang spasial dua dimensi.Objek yang
bertumpuk berarti objek spasialnya beririsan
User Interface pada Game Komputer
User interface adalah
penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user komputer itu agar
hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin. User interface
sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user
interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat komputer
menjadi lebih mudah.
Terdapat beberapa elemen
dari user interface, yaitu :
1. Diegetic
Elemen user interface yang
diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan
avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic.
Contoh : Salah satu game
yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Creed. Assassin’s
Creed menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah
karena pemain pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan.
2. Meta
Gambaran yang bisa muncul
dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.
Contoh: Berinteraksi dengan
telepon di Grand Theft Auto 4
3. Spatial
Elemen User Interface yang
disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia
permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Contoh: Fable 3, di mana
unsur-unsur spatial yang digunakan untuk memberikan informasi lebih kepada
pemain dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta.
4. Non-Diagetic
Antarmuka yang diberikan di
luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata desain
interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display (HUD).
Contoh: Mass Effect 3
menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata
karakter dipilih dan kekuasaan – antara lain.
5. Analisa
Game yang Mencakup Interaksi Fisik
Aksi-petualangan memerlukan
banyak keterampilan fisik yang sama sebagai game action , tetapi juga
menawarkan alur cerita, karakter banyak, sistem persediaan, dialog, dan fitur
lain dari game petualangan. Mereka lebih cepat serba dari game petualangan murni,
karena mereka termasuk tantangan baik fisik dan konseptual. Aksi- game
petualangan biasanya mencakup kombinasi dari unsur-unsur cerita yang kompleks,
yang ditampilkan untuk pemain menggunakan audio dan video. Cerita ini
sangat bergantung pada karakter pemain gerakan itu, yang memicu peristiwa
cerita sehingga mempengaruhi aliran permainan. Beberapa contoh
tindakan-petualangan permainan termasuk The Legend of Zelda , God of War ,
dan Tomb Raider seri.
6. Sub-genre
Orang pertama
action-adventure, yang menggunakan penembak orang pertama gameplay, forgoing
tindakan konstan dalam mendukung unsur-unsur permainan petualangan penting
seperti pemecahan masalah lingkungan dan plot kompleks. Ini kadang-kadang
disebut Real-Time Game petualangan atau FTA untuk pendek Sebuah contoh penting
dari hal ini adalah Perdana Metroid dan Syok Sistem .
Orang ketiga
aksi-petualangan, di mana gameplay dalam orang ketiga . Contoh terkenal
termasuk permainan seperti Rune, Pesangon: Blade of Darkness dan Grand Theft
Auto seri. Hack dan slash , yang
menggabungkan aksi-petualangan eksplorasi dengan sistem tempur yang mirip
dengan mengalahkan 'em up atau pertempuran game. Contohnya termasuk Devil May
Cry , Onimusha , 3D Castlevania permainan, dan God of War .
7. Isometrik
permainan platform
yang menampilkan lingkungan
bebas explorable dengan tiga dimensi gameplay dan grafis dua dimensi
menggunakan proyeksi isometrik .
Sandbox , yang fokus pada
gameplay nonlinier dalam dunia yang terbuka. Contoh terkenal termasuk The
Legend of Zelda , Assassin 's Creed (seri) dan Grand Theft Auto seri.
Platform-petualangan
permainan , yang menekankan baik eksplorasi dan memecahkan teka-teki, tetapi
juga fitur konvensi permainan platform tradisional. Permainan yang paling
terkenal dari jenis ini adalah " Metroidvania "permainan.
8. Stealth game
yang menekankan menghindari
deteksi oleh musuh daripada melibatkan mereka dalam pertempuran langsung,
menyebabkan penekanan lebih besar pada eksplorasi dan memecahkan teka-teki dari
berbagai jenis game action. Sebuah contoh utama dari ini adalah Metal Gear
waralaba yang menolong mendirikan sub-genre.
9. Survival
horor game
yang menekankan
"manajemen persediaan" dan memastikan pemain memiliki cukup amunisi
dan item pemulihan untuk "survive" pengaturan horor. Resident Evil
waralaba mempopulerkan genre sub-dan berdiri sampai saat ini sebagai waralaba
yang paling populer dari jenisnya.
http://softskillgundarkalimalang.blogspot.co.id/2016/05/petgame-interaksi-fisik-dalam-interaksi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar