Sabtu, 18 Maret 2017

Teknologi Game

Nama : NurRohimah
NPM : 58414184
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Dosen : Syefani Rahma Deski




1.Konsep game

Konsep game merupakan unsur terpenting dalam pembuatan game. Konsep game menentukan game seperti apa yang akan dibuat. Mulai dari genre, judul, cerita, karakter, koreografi, dan lainnya ditentukan dalam konsep game.konsep adalah suatu ide pemikiran sebelum membuat suatu produk, dalam hal ini konsep game adalah suatu ide pemikiran yang membuat game tersebut terlihat bagus dan menarik untuk para penggunanya.
Akan tetapi dalam dunia game tidak hanya grafik saja yang dibutuhkan, namun pentingnya Design Skenario, Script, dan Storyboard game pun sangat dibutuhkan.






A.Design Skenario

Sebelum masuk pada Design Skenario alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui apa itu Design ? Design merupakan proses untuk membuat dan menciptakan objek baru, sistem, komponen atau struktur. Penggunaan istilah design berawal dari gambar teknik arsitektur.

Skenario merupakan sebuah alur yang disusun oleh seseorang untuk merancang  suatu peristiwa. Skenario game merupakan langkah awal yang akan dijalankan dalam membuat sebuah game. Dengan adanya skenario game dapat mempermudah pembuat game dalam menyelesaikan game tersebut. Pada skenario game pembuat game dapat membuat tema bayangan, genre, tool, gameplay, grafis, suara, perancangan waktu, dsb
B.Script

Script adalah bahasa pemrograman komputer yang diterjemahkan secara khas dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah, dan tanpa aplikasi kompilasi interpreter. Script diciptakan untuk mempersingkat proses pengkompilasian hingga dijalankannya program tersebut. Biasanya script disisipkan kedalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks. Contoh dari bahasa script adalah Ruby, JavaScript, Lua dan PHP.

Konsep pembuatan scripting pada game untuk langkah awal dapat dilakukan pemilihan bahasa pemrograman yang akan digunakan. Diantaranya bahasa C, C++, dan Java. Proses pembuatan game dapat dikatakan memakan waktu yang cukup banyak. Lamanya pembuatan game tersebut bergantung pada beberapa faktor, seperti genre, skala, dan platform.
C.StoryBoard

Storyboard merupakan visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, dan ditampilkan shot by shot yang lebih sering disebut dengan scene. Storyboard akan lebih menjelaskan tentang bagaimana alur dari permainan itu sendiri. Contoh, pada game arcade tidak memiliki alur cerita akan tetapi game tersebut menitik beratkan pada perolehan point-point.


2.Jenis-jenis game


  • Berdasarkan Gendre
  • Action game



Game jenis ini menghadirkan fitur utama berupa aksi. Dalam action game, pemain harus memiliki ketrampilan dan reaksi yang cepat untuk melawan musuh dan menghindari rintangan. Intinya dalam game ini pemain harus menggunakan refles, akurasi dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah level game.


  • Fighting game

Game satu ini berisi pertarungan. Dalam game ini, pemain dapat memilih karakter dengan kemampuan berbeda-beda. Pemain juga bisa mengeluarkan jurus dan kemampuan berbeda dari tiap karakter untuk mengalahkan musuh. Biasanya pertarungan hadir secara one on one (satu lawan satu) dalam sebuah arena yang terbatas. 


  • FirstPerson Shooter (FPS)                                                      

Sesuai namanya, game jenis ini berisi tembak-menembak. Namun, dalam game ini kamu akan memainkan tokoh dengan cara pandang orang pertama. Tak heran dalam beberapa game, karakter hanya ditampilkan dalam bentuk tangan atau senjata saja. Dalam game FPS ini kamu akan menemukan berbagai misi yang harus kamu selesaikan. Intinya dalam game ini, pemain membutuhkan reflex, koordinasi mata dan tangan hingga waktu yang tepat.


  • Third Person Shooter (TPS)

Game ini sebetulnya mirip dengan FPS. Game tembak menembak ini hanya berbeda pada sudut pandang pemain. Biasanya game ini akan menampilkan pemain tampak setengah badan atau sudut pandang orang ketiga.



  • Real Time Strategy (RTS)

Game jenis ini menitikberatkan unsur strategi. Game ini memerlukan kemampuan pemain untuk memimpin sebuah pasukan, kemudian mengelola sumber daya hingga membangun peradaban. 


  • Role Playing Game (RPG)

Game ini menghadirkan gameplay yang mengandung unsur leveling. Dalam game ini pemain akan bebas menjelajah dunia game. Setiap karakter memiliki kemampuan dan kekuatan yang berbeda bahkan dapat berkembang sesuai yang dinginkan pemain. Game RPG memungkinkan pemain untuk berkompetisi hingga berinteraksi atau bertarung dengan pemain lain.


  • Adventure

Game jenis ini berisi tentang petualangan. Pemain bisa memainkan karakter untuk menjelah hutan belantara atau menjelajahi sebuah bangunan. Intinya, pemain akan melalui sebuah misi. Game ini akan menekankan jalur cerita dan kemampuan berpikir pemain untuk menemukan petunjuk berikutnya. 


  • Simulasi

Game dengan genre ini hadir dengan konsep yang mirip kenyataan. Semua faktor dalam game akan dibuat semirip dunia nyata, ada yang menceritakan kehidupan manusia atau kehidupan menjadi seorang walikota membangun sebuah kota. Dalam game ini semua keputusanmu berpengaruh pada karakter yang dimainkan. Inti dari game ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun hingga mengatasi masalah dengan dana terbatas. 



  • Sport Game

Game jenis ini hadir untuk para pemain yang gemar olah raga. Game ini memiliki gameplay berbagai jenis olahraga di dunia. Intinya, pemain akan melakukan pertandingan olahraga secara virtual. 


  • Racing Game

Game ini berisi game balapan atau kemampuan mengemudi baik motor dan mobil atau kendaraan lainnya. Game ini akan memacu adrenalin pemain untuk menjadi yang tercepat di sirkuit.



  • Multiplayer Game

Jenis game ini terbilang sedang tren di pasar Indonesia. Dalam game ini pemain akan bermain secara bersamaan dengan lebih dari 2 orang bahkan bisa ribuan orang bila memainkannya secara online. Pemain akan berada di sebuah dunia virtual untuk melawan musuh. Rata-rata game ini menggunakan konsep strategi walaupun ada pula genre lainnya.


  • Berdasarkan Jenis atau Platform

  • PC Games

Game jenis ini biasanya dimainkan menggunakan personal computer atau PC Desktop hingga laptop. 

  • Console Games

Game jenis ini bisa dimainkan menggunakan konsol game tertentu seperti PlayStation hingga Xbox.


  • Handheld Games

Game satu ini bisa dimainkan di console game khusus yang mudah dibawa seperti Sony PSP atau Nintendo DS.

  • Mobile Games

Game jenis ini hadir semenjak era ponsel atau perangkat mobile. Game ini memang dibuat khusus untuk dimainkan pada mobile phone. 




3.Bisnis dalam game komputer 

  • Mikrotransaksi
Adalah sebuah model bisnis dimana pemakai dapat membeli barang virtual via micropayments. Mikrotransaksi sering dipakai dalam free-to-play game atau aplikasi untuk menyediakan sumber pendapatan untuk para developer. Biasanya nilai transaksi berjumlah rendah.

  • Advergame 
Adalah sebuah game yang mengandung iklan didalamnya untuk sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Beberapa advergame dibuat oleh perusahaan yang tujuannya hanya untuk mempromosikan perusahaan itu sendiri atau salah satu produknya, dan game tersebut didistribusikan secara bebas sebagai alat marketing.




5. 3D Engine dan Scene graph

Game Engine adalah suatu software yang digunakan untuk membuat game. Fungsi utama dari Game Engine adalah sebagai renderer grafik 2D maupun 3D,  physics engine, pengatur audio, scripting, animasi game, AI (Artificial Intelligence), networking, streaming, pengaturan memori, localization support, dan pengaturan grafik. Satu Game Engine bisa untuk membuat berbagai tipe game, dan bisa memudahkan "port"  games ke console lain. 3D Engine adalah Game Engine yang berbasis pada Grafik 3D


Scene Graph adalah suatu teknik pengelolaan data atau struktur data yang biasanya dipakai pada suatu aplikasi rekayasa grafis berbasis vektor dan pemodelan tiga dimensi baik itu untuk keperluan video game ataupun yang lainnya dengan menggunakan konsep graf berarah dan pohon m-ary. Beberapa program yang menggunakan Scene Graph ini adalah AutoCad, Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Pengertian teoritis dari Scene Graph ini sebenarnya tidak jelas atau kabur dikarenakan para programmer yang menggunakan Scene Graph pada sebuah aplikasi hanya mengambil prinsip dasarnya lalu mengimplementasikannya pada aplikasi tersebut sesuai fungsi dari aplikasi tersebut
  

Contoh 3D engine

  • Ogre 3D (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
Adalah 3d engine yang fleksibel dan scene-oriented ditulis dari bahasa C++ didesain untuk membuat para developer lebih mudah dan lebih intuitif untuk membuat aplikasi yang menggunakan hardware-accelerated 3d grafik.


  • Processing
Adalah software sketchbook yang fleksibel dan bahasa untuk belajar bagaimana untuk mengkoding dalam konteks seni visual dan visual literacy dalam teknologi.


  • Game maker
Merupakan pembantu dalam pembuatan game, dengan mudah para programer pemula dapat membuat game tanpa perlu banyak mengetahui pemrograman.

  • Unity 3D

Merupakan 3D game engine yang berbasis C# , Javascript, dan Boo dikembangkan oleh Unity Technologies. Digunakan untuk mengembangkan video game untuk PC, konsole, mobile device, dan website.


SUMBER:
http://skp.unair.ac.id/repository/web-pdf/web_Pengertian_Bahasa_Scripting_Muhammad.pdfhttp://www.davidprasetyo.com/2015/11/pengertian-storyboard.htmlhttps://id.wikipedia.org/wiki/Desainwww.businessdictionary.com/definition/advergame.htmlwww.superrewards.com/micro-transaction  
www.babastudio.com/blog/10-game-engine-terbaik-saat-ini 
www.ogre3d.org/about
www.processing.org
www.yoyogames.com/gamemaker
www.unity3d.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar